Ingin Belajar Investasi Saham Reksa Dana? Simak Panduan Lengkap

LiniEkonomi.com - Jadwal libur perdagangan saham BEI selama Ramadan 2024 dan Idulfitri 1445 H telah diumumkan. Lihat jadwal lengkapnya di LiniEkonomi.com.

Investor Tunggu Sinyal The Fed, Bursa Asia Masih Variatif [Canva/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Di tengah perkembangan ekonomi digital, investasi saham dan reksa dana semakin diminati masyarakat. Namun, masih banyak yang ragu untuk terjun ke pasar modal karena minimnya pengetahuan.

Merespons hal tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) menghadirkan Sekolah Pasar Modal (SPM) sebagai program edukasi dan sosialisasi yang terbuka untuk umum.

Melalui SPM, masyarakat dapat memperoleh pemahaman menyeluruh tentang dunia investasi, mulai dari instrumen, strategi, hingga pengelolaan aset.

Program ini secara berkala berjalan dalam format tatap muka maupun online oleh BEI.

"Sekolah Pasar Modal merupakan upaya BEI untuk mengedukasi dan menjawab kekhawatiran masyarakat terkait investasi di pasar modal," ungkap perwakilan IDX kepada LiniEkonomi.com, belum lama ini.

Menurutnya, SPM terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat, baik karyawan, pengusaha, mahasiswa, maupun ibu rumah tangga yang berminat belajar investasi.

Peserta akan mendapat beragam manfaat, seperti pemahaman valid tentang investasi, update informasi saham dan reksa dana, cara memilih instrumen investasi, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berinvestasi.

Persyaratan umum patut dan harus dari calon peserta SPM, antara lain berusia minimal 17 tahun, memiliki KTP, NPWP (bagi pekerja), rekening tabungan pribadi, serta akses internet dan perangkat digital untuk mengikuti kelas online.

Biaya mengikuti SPM relatif terjangkau, yakni minimal Rp100.000 yang dialokasikan sebagai modal investasi awal dalam bentuk saham.

Peserta akan mendapatkan seminar, pembukaan rekening efek, materi digital, sertifikat, dan kesempatan belajar langsung dari praktisi investasi.

Berikut tahapan pendaftaran SPM BEI:

  1. Kunjungi laman https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/pendaftaran/kelas (tatap muka) atau https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/pendaftaran/kelas# (online).
  2. Pilih kategori SPM – Saham, SPM – Reksadana, atau SPM Syariah – Saham pada level 1 (pemula) atau 2 (lanjutan).
  3. Pilih jadwal dan lokasi kelas yang tersedia.
  4. Klik "Ya, Saya belum menjadi investor Saham/Reksadana" (level 1) atau link pendaftaran (level 2).
  5. Lengkapi data diri, unggah dokumen persyaratan, dan setujui ketentuan yang berlaku.
  6. Klik "Daftar SPM – Saham/Reksadana" untuk menyelesaikan registrasi.

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Belanja Online Melalui AgenBRILink

Dengan mengikuti SPM, masyarakat diharapkan semakin percaya diri dan kompeten dalam berinvestasi di pasar modal.

LiniEkonomi.com adalah portal berita ekonomi dan bisnis terkemuka yang menyajikan analisis mendalam dan update terkini seputar pasar modal, investasi, keuangan, entrepreneur, dan ekonomi makro Indonesia.

Kunjungi kami di www.liniekonomi.com untuk berita terbaru dan terpercaya. [*]

Baca Juga

Emiten batu bara, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mencatat peningkatan jumlah pemegang saham pada akhir Maret 2024. Jumlah pemegang saham ITMG bertambah menjadi 49.094 pihak per akhir Maret 2024, naik 1.104 dari posisi akhir Februari 2024.
Saham ITMG Makin Diburu, Jumlah Pemegang Saham Terus Bertambah
Memahami Economic Calendar (kalender ekonomi) salah satu kunci di tengah finance global terus bergerak dinamis, dan setiap aktivitas yang
Memahami Economic Calendar, Lengkap Panduan Pandangan Ahli
Indeks utama bursa saham di Wall Street mencatat rekor tertinggi, sementara saham-saham Asia berfluktuasi pada perdagangan Kamis (28/3/2024). Mari simak perkembangannya.
Saham Asia Berfluktuasi, Indeks Wall Street Cetak Rekor
LiniEkonomi.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir pada perdagangan Rabu (27/3/2024) termasuk GOTO-EXCL
Bursa Lesu! IHSG Tergelincir Termasuk GOTO-EXCL
LiniEkonomi.com - Seiring dengan pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (27/3/2024).
Bursa Lesu! Rekomendasi Saham Pilihan Trading Hari Ini (27/3/2024)
Bursa Efek Indonesia (BEI) bertekad untuk tetap memberlakukan skema perdagangan full call auction atau papan pemantauan khusus guna melindungi kepentingan investor di pasar modal.
Muncul Petisi Hapus Full Call Auction, BEI: Lindungi Investor