Erick Thohir Matangkan Penggabungan BTN Syariah dan Bank Muamalat

Menteri BUMN Erick Thohir tengah menggodok rencana penggabungan BTN Syariah dengan Bank Muamalat.

Menteri BUMN Erick Thohir saat wawancara usai penandataganan BUMN melalui Mind ID menjadi pemilik saham mayoritas PT. Vale Indonesia. [Dok. Erick Thohir/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Menteri BUMN Erick Thohir tengah menggodok rencana penggabungan (merger) PT Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah dengan PT Bank Muamalat Tbk.

Penggabungan kedua bank syariah itu bakal melahirkan grup BUMN perbankan syariah terbesar kedua setelah Bank Syariah Indonesia (BSI).

Menko Perekonomian itu mengaku merger tersebut agar BSI tak mendominasi. Ia menargetkan bank hasil merger bisa masuk 16 besar peringkat bank di Tanah Air.

"Dengan begitu, antara BSI dan pelaku pasar ada pesaing sehat sehingga industrinya tak monopolistik dan tetap balance," terang Erick Thohir, Senin (26/2/2024) lalu.

Namun, mantan bos Inter Milan itu menegaskan tujuan utamanya mempertahankan brand Muamalat yang sudah mapan.

"Muamalat yang akan besar karena sudah punya brand sendiri," imbuhnya.

Baca Juga: Strategi Bank BTN Genjot Penyaluran KPR Subsidi di 2024

Erick sebelumnya menyebut merger bisa rampung sebelum Oktober 2024. Ia menekankan tujuannya murni mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah Tanah Air. [*]

Baca Juga

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sedang dalam proses. Walau sebelumnya, Rekrutmen Bersama BUMN telah tutup pendaftaran, Senin (1/4/2024).
Ini Jadwal Pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2024
Peran AirNav Indonesia mendapat pujian dari Kementerian Perhubungan yang membindangi perhubungan udara, melancarkan arus balik lebaran 2024.
Peran AirNav Indonesia Tuai Pujian, Arus Balik Lebaran 2024 Lancar
AirNav Indonesia mengirim 2.000 pemudik secara gratis dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Ketapang dalam program 'Mudik Asyik Bersama BUMN 2024'.
AirNav Indonesia Kirim 2.000 Pemudik Gratis dari Gilimanuk ke Ketapang
BCA Finance membuka lowongan Customer Care Staff untuk lulusan S1 semua jurusan. Bergabunglah dengan perusahaan pembiayaan konsumen terkemuka dan raih kesempatan mengembangkan karir Anda.
Gapai Impianmu di Sini! Bank BTN Buka Lowongan GBS
Proses penggabungan usaha (merger) antara BTN Syariah dan Bank Muamalat akan diputuskan pada April 2024 dan rampung dalam tahun ini, sesuai arahan BTN.
Proses Merger BTN Syariah dan Bank Muamalat April 2024
PT Bank Muamalat Indonesia (Muamalat) menargetkan pertumbuhan outstanding pembiayaan multiguna 125 persen di 2024. Produk pembiayaan multiguna difokuskan untuk sektor ASN, BUMN, pendidikan, kesehatan, haji dan umrah.
Pembiayaan Multiguna Muamalat Naik 125 Persen