Strategi Bank BTN Genjot Penyaluran KPR Subsidi di 2024

LiniEkonomi.com - Bank BTN telah sukses menjalankan perannya dengan mengalokasikan pembiayaan perumahan yang signifikan kepada segmen ini.

Pak Didit (67th) tengah melaksanakan ibadah sholat Magrib di rumah subsidi yang baru dibeli olah anaknya di komplek perumahan Puri Delta Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jum'at (17/02/2024). Bank BTN sebagai bank perumahan yang sebagian besar membiayai rumah subsidi, berpeluang besar untuk menggarap pasar potensial properti syariah. Tahun 2023 lalu, KPR Subsidi Bank BTN mengalami kenaikan 10,9% menjadi Rp161,74 triliun dari perolehan tahun lalu yang sebesar Rp145,86 triliun. Sedangkan untuk KPR Non Subsidi juga mengalami pertumbuhan sebesar 9,5% dari Rp87,82 triliun pada tahun 2022 menjadi Rp96,17 triliun pada tahun 2023. [Wawan Kurniawan/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Bank Tabungan Negara (BTN) tengah menyusun strategi untuk meningkatkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi pada 2024. Corporate Secretary Bank Tabungan Negara Ramon Armando optimistis target penyaluran kredit perseroan sebesar 10 persen hingga 11 persen bisa tercapai.

Beberapa strategi BTN rancang guna mendorong penyaluran KPR subsidi, di antaranya dengan mempercepat proses persetujuan KPR secara online.

"Strategi yang akan kami lakukan salah satunya mempercepat proses persetujuan KPR melalui layanan online menggunakan aplikasi BTN Properti," ujar Ramon, kutip LiniEkonomi, Selasa 20 Februari 2024.

Selain itu juga menjalin kerja sama dengan berbagai pengembang properti di berbagai daerah untuk terus membangun perumahan bersubsidi. Pasalnya, jika suplai rumah subsidi banyak maka penyaluran KPR dengan skema subsidi juga akan meningkat.

Adapun tantangan yang mereka hadapi dalam penyaluran KPR bersubsidi adalah kenaikan harga tanah. Hal ini membuat pembangunan rumah subsidi hanya bisa di luar kawasan perkotaan.

Hingga November 2023, total outstanding KPR subsidi BTN tercatat sebesar Rp 162 triliun atau tumbuh 12,3 persen dari pada saat posisi November 2022.

Baca Juga: Stagnan, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan Hingga Kuartal II

Adanya insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 0% untuk rumah dengan harga di bawah Rp 2 miliar turut mendukung optimisme target kredit BTN. [*]

Baca Juga

LiniEkonomi.com - Sebagai pionir dalam memberikan kemudahan akses perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Bank BTN telah sukses menjalankan perannya dengan mengalokasikan pembiayaan perumahan yang signifikan kepada segmen ini.
Syarat Tata Cara Dapatkan Rumah Subsidi Pemerintah 2024
Liniekonomi.com - Simak dalam artikel berikut ini tentang tips serta penjelasan istilah-istilah properti, apalagi bagi masyarakat awam.
Kamus Properti LiniEkonomi: Istilah, Tips, Properti Lengkap
Jababeka Residence luncurkan klaster Ibuki di Paradiso Golf Villas. Gandeng 1.500 agen properti, targetkan penjualan melesat di 2024.
Properti: Bangun Rumah Impian, Lalamove-BJ Home Jawabannya
Properti diprediksi tumbuh di 2024 pascapemilu, didorong antara lain oleh pembangunan IKN dan pergeseran preferensi konsumen akibat gaya hidup baru.
Damai Putra Group Perkuat Kemitraan dengan Agen Properti
ramadan lebaran tantangan daya beli
Ramadan dan Lebaran 2024: Dilema Daya Beli Masyarakat
Agung Sedayu Group berhasil mencatat transaksi sebesar Rp1,8 triliun dalam pameran ASG EXPO 2024 yang berlangsung di PIK2, Jakarta pada 22 Februari-3 Maret 2024.
ASG EXPO 2024: Agung Sedayu Group Raup Transaksi Rp1,8 Triliun