Investasi 160 Triliun: Pabrik Baterai Mobil Listrik Asia Terbesar Dibangun di Karawang

Adapun nilai investasi tersebut senilai Rp 160 triliun, berdasarkan laporan Antara baru-baru ini.

LG dan Hyundai bangun pabrik sel baterai mobil listrik Asia terbesar di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

LiniEkonomi.com - Dua perusahaan Korea Selatan (Korsel) mendapat pujian dari Presiden Indonesia Joko Widodo, Rabu (3/7/2024). Kedua perusahaan itu LG dan Hyundai.

Apresiasi Presiden Jokowi terhadap kedua perusahaan otomotif tersebut lantaran tidak ingkar janji membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik.

Itu pun pabrik pertama dan terbesar Asia Tenggara. Salah satu tanda jadi yakni adanya tanda tangan Joko Widodo pada mobil listrik (ElectricVehicle atau EV) Kona Electric.

Sekaligus tanda berdirinya pabrik sel baterai kendaraan listrik, PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power, tepatnya di Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Joko Widodo mengharapkan ekosistem kendaraan listrik bernilai positif, serta mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan (Korsel).

Adapun nilai investasi tersebut senilai Rp 160 triliun, berdasarkan laporan Antara baru-baru ini.

Pabrik ini akan menghasilkan produk mobil listrik pertama yang pembuatannya di Indonesia.

Baca Juga: PLN Gandeng BYD Motor Indonesia Pasok 10.000 Mobil Listrik

Salah satu produk mobil listrik tersebut Kona EV, dengan kemampuan jarak tempuh lebih dari 600 kilometer pada satu kali pengisian baterai (charging-red).

Harga kendaraan listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power tersebut seharga Rp 500 juta. [*]

Baca Juga

Daya beli kuliner di Blora meningkat signifikan
Daya Beli Kuliner di Blora Meningkat, Dorong Ekonomi Lokal
Martinus Lase, calon Wakil Wali Kota Gunungsitoli, berjanji revitalisasi pasar tradisional dan tingkatkan ekonomi lokal. Simak rencana dan visinya untuk Gunungsitoli Hebat.
Jika Terpilih! Calon Wawako Gunungsitoli Martinus Lase Bakal Revitalisasi Pasar Tradisional
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat mengambil sikap tegas terkait polemik yang muncul pasca pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia. Melalui pernyataan resmi yang disampaikan oleh Ketua Umum Kadin Sumatera Barat,
Kadin Sumatera Barat Serukan Semua Pihak Hormati Hasil Munaslub Kadin Indonesia
Kawan Lama Group merayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 dengan promo spesial, diskon hingga 9.9, dan inovasi layanan pelanggan berbasis AI untuk pengalaman yang lebih baik.
Kawan Lama Group Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024 Promo Menarik
Pesawat Super Air Jet Jakarta-Aceh Batal Mendarat di Banda Aceh, Terpaksa Mendarat di Kualanamu
Pesawat Super Air Jet Jakarta-Aceh Batal Mendarat di Banda Aceh, Terpaksa Mendarat di Kualanamu
Jakarta, LiniEkonomi.com – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tengah mempersiapkan pembentukan Tim Percepatan Investasi Daerah. Inisiatif ini diumumkan oleh Menteri Investasi/BKPM, Rosan Perkasa Roeslani, pada pertemuan dengan para Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) daerah, Rabu (21/8/2024).
Kadin Sumbar Dukung Pembentukan Tim Percepatan Investasi Daerah oleh Menteri Rosan Roeslani