10 Bank Raksasa Indonesia Catat Aset Rp 8.849,8 Triliun, Bank Mandiri Teratas

Sepuluh bank terbesar di Indonesia tercatat membukukan aset sebesar Rp 8.849,8 triliun sepanjang 2023, naik 7,15% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan dipimpin Bank Syariah Indonesia.

Sepuluh bank terbesar di Indonesia tercatat membukukan aset sebesar Rp 8.849,8 triliun sepanjang 2023, naik 7,15% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan dipimpin Bank Syariah Indonesia. [Ilustrasi Banking/Canva]

LiniEkonomi.cpom - Sepuluh bank besar di Indonesia mencatatkan total aset sebesar Rp 8.849,8 triliun sepanjang tahun 2023. Dengan pertumbuhan sebesar 7,15% secara tahunan (yoy).

Pertumbuhan ini lantaran dorongan kinerja Bank Syariah Indonesia (BSI), yang berhasil mencatatkan peningkatan aset sebesar 15,7% yoy menjadi Rp 353,6 triliun., Itu berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Desember 2022.

Dari total aset industri perbankan nasional sebesar Rp 11.765,8 triliun. Sepuluh bank besar tersebut menguasai 72,2% dari keseluruhan aset bank umum.

Dari kesepuluh bank tersebut, empat di antaranya masuk dalam kategori bank bermodal inti tingkat 4, sementara sisanya termasuk dalam bank bermodal inti tingkat 3.

Ini Daftar 10 Bank Raksasa Indonesia

Sepuluh bank terbesar di Indonesia tercatat membukukan aset sebesar Rp 8.849,8 triliun sepanjang 2023, naik 7,15% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan dipimpin Bank Syariah Indonesia.
Sumber: Laporan publikasi kuartal IV-2023 masing-masing bank.

Sistematisasi ini mengacu pada kelompok modal inti (KBMI) berdasarkan POJK No. 12/POJK.03/2021.

Peringkat pertama dalam total aset dalam genggaman Bank Mandiri dengan jumlah Rp 2.174,2 triliun pada akhir Desember 2023.

Posisi kedua Bank BRI dengan aset sebesar Rp 1.965 triliun, yang mengalami pertumbuhan sebesar 5,33% yoy.

Baca Juga: BNI Finance Torehkan Pertumbuhan Pembiayaan Kendaraan Listrik

Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia, dan Bank Tabungan Negara berturut-turut menempati posisi berikutnya dalam daftar sepuluh bank terbesar di Indonesia.

Sementara itu, BSI berhasil mengungguli Bank CIMB Niaga pada posisi keenam dengan pertumbuhan aset sebesar 15,67%, sementara CIMB hanya tumbuh sebesar 9,03%.

Bank Panin Indonesia tetap bertahan pada posisi kesepuluh dengan total aset sebesar Rp 222 triliun, usai mengalami pertumbuhan sebesar 7,15% yoy. [*]

Baca Juga

Fotografer AFP Adem Altan memenangkan penghargaan Eropa pada ajang World Press Photo 2024
World Press Photo 2024: Fotografer AFP Adem Altan Memenangkan Penghargaan Eropa
Rupiah Tertekan Inflasi dan Tenaga Kerja AS, Peluang The Fed Tahan Suku Bunga
Rupiah Tertekan Inflasi dan Tenaga Kerja AS, Peluang The Fed Tahan Suku Bunga
El Savador memakai mata uang kripto (Bitcoin) sebagai alat pembayaran. Rupanya Bali, Indonesia juga memakai mata uang kripto untuk transaksi setiap pembelian barang jasa
Indonesia vs El Salvador: Kripto di Bali Gagal, Bitcoin di El Savador Bertahan?
Investor sedang memata-matai pergerakan The Fed, bertindak awal memangkas suku buga sebelum Bank Sentra Eropa
Investor Mata-Matai Pergerakan The Fed Sebelum Bank Sentral Eropa Bertindak
LiniEkonomi.com - Berikut adalah 25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024 yang dapat digunakan untuk status media sosial, pesan, atau kado tulisan. Quotes ucapan selamat Idul Fitri 2024 bisa juga kamu pakai untuk pamflet untuk menghias depan toko kamu, atau lingkungan tempat tinggal sobat Liniekonomicom.
25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024, Cocok Buat WA, FB dan Keluarga
LiniEkonomi.com - OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jangkau lebih dari tiga juta orang, saat kampanye Keuangan Syariah, dua hari lalu.
OJK Kampanye Keuangan Syariah, Disambut Pantun Netizen