Pemerintah Naikkan Pajak, Berikut Dampaknya Bagi Masyarakat

Dampak Kenaikan Pajak Oleh Pemerintah Bagi Masyarakat

Simak dampak kenaikan pajak terhadap perekonomian dan daya beli masyarakat. [Canva]

LiniEkonomi.com - Kebijakan pemerintah menaikkan tarif pajak menuai pro dan kontra di masyarakat. Simak dampak kenaikan pajak terhadap perekonomian dan daya beli masyarakat.

Kebijakan pemerintah untuk menaikkan tarif pajak kerap menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Langkah tersebut berpotensi memicu dampak signifikan terhadap kondisi perekonomian nasional maupun daya beli masyarakat.

Berdasarkan data yang beredar, kenaikan pajak di proyeksikan akan menambah pendapatan negara. Namun di sisi lain, kebijakan tersebut juga berpeluang memicu perlambatan ekonomi akibat berkurangnya daya beli masyarakat.

Pengamat ekonomi menyampaikan, kenaikan bea berpotensi menekan konsumsi rumah tangga. Pasalnya, masyarakat harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar pajak, sehingga memperkecil porsi pengeluaran untuk konsumsi barang dan jasa.

Selain itu, kenaikan pajak juga dapat memicu peningkatan biaya produksi bagi pelaku usaha. Konsekuensinya, harga barang dan jasa berpeluang mengalami kenaikan yang pada akhirnya akan jadi beban konsumen atau masyarakat.

Baca Juga: The Fed Pangkas Suku Bunga Jadi Angin Segar Buat Indonesia

Meski demikian, pemerintah meyakini kebijakan menaikkan pajak amat perlu guna untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perbaikan infrastruktur dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Menkeu Sri Mulyani pada Rapat Kerja Komisi XI dengan Kementerian Keuangan, Selasa (19/3/2024) menyampaikan, penerimaan pajak sampai medio Februari 2024 mencapai Rp269,02 triliun atau 13,53 persen.

Halaman:

Baca Juga

Benua Afrika dan Amerika Latin Jalur Suplai Minyak Mentah Indonesia
Benua Afrika dan Amerika Latin Jalur Suplai Minyak Mentah Indonesia
Erupsi Gunungapi Ruang Meluas, Dukungan BNPB Kurangi Dampak
Erupsi Gunungapi Ruang Meluas, Dukungan BNPB Kurangi Dampak
LiniEkonomi.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 tidak lama lagi akan tutup. Informasi tersebut tertuang pada laman Instagram, lansiran Sabtu (20/04/2024).
Kartu Prakerja Gelombang 66 Tutup Senin Depan, Lengkapi Syarat Berikut
Harga emas meroket walau dalam perang Iran-Israel sedang berlangsung, sejak serangan Israel, Jumat (19/04/2024) sebagai balasan atas Iran.
Konflik Iran-Israel: Harga Emas Meroket dan Minyak 'Menembus Langit'
Erupsi Gunung Ruang, Indonesia AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kinabalu
Erupsi Gunung Ruang, Indonesia AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kinabalu-Malaysia
Lewat Tol, Astra Infra Beri Diskon Tarif Jumat (19 April 2024)
Lewat Tol, Astra Infra Beri Diskon Tarif Jumat (19 April 2024)