Pembiayaan Multiguna Muamalat Naik 125 Persen

PT Bank Muamalat Indonesia (Muamalat) menargetkan pertumbuhan outstanding pembiayaan multiguna 125 persen di 2024. Produk pembiayaan multiguna difokuskan untuk sektor ASN, BUMN, pendidikan, kesehatan, haji dan umrah.

PT Bank Muamalat Indonesia (Muamalat) menargetkan pertumbuhan outstanding pembiayaan multiguna 125 persen di 2024. Produk pembiayaan multiguna difokuskan untuk sektor ASN, BUMN, pendidikan, kesehatan, haji dan umrah. [Instagram/Muamalat]

LiniEkonomi.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Muamalat) menargetkan pertumbuhan outstanding pembiayaan multiguna sekitar 125 persen secara year-on-year (yoy) pada 2024. Pembiayaan multiguna diperkirakan memberikan kontribusi hingga 20 persen terhadap total portofolio pembiayaan konsumer.

Senior Executive Vice President Retail Banking Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan sejak tahun lalu, Muamalat sudah melakukan transformasi untuk mengembangkan bisnis konsumer. Pembiayaan multiguna menjadi salah satu kontributor utama.

"Kami sudah menyiapkan strategi untuk memastikan target tercapai, salah satunya dengan menghadirkan fitur produk dan pricing yang kompetitif. Dengan strategi ini, kami optimistis bisa menjadi pemain utama di produk multiguna syariah," ujarnya, Kamis (22/2/2024).

Sebagai Bank Penyalur Gaji (BPG) ASN di beberapa instansi pemerintah, Muamalat berupaya menyalurkan pembiayaan multiguna kepada para abdi negara. ASN dengan rekening gaji di Muamalat, bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan multiguna dengan bunga kompetitif.

Selain ASN, pihaknya juga menyasar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), institusi pendidikan, dan layanan kesehatan. Muamalat juga terus berkomitmen mengembangkan segmen haji dan umrah melalui produk Multiguna ProHajj Plus.

Dengan ProHajj Plus, nasabah langsung mendapatkan nomor porsi haji khusus di tahun berjalan. Proses pengajuannya mudah karena bantuan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) mitra Muamalat. Selain haji khusus, pembiayaan multiguna Muamalat juga bisa untuk kebutuhan umrah.

Baca Juga: Dongkrak Penjualan: Jababeka Residence Gandeng 1.500 Agen Properti

Guna memperluas jangkauan, Muamalat melakukan konversi beberapa Kantor Kas menjadi Kantor Cabang Pembantu (KCP) di sejumlah wilayah.

Dengan jangkauan yang diperluas, diharapkan makin mempermudah Muamalat membantu sektor pendidikan dan kesehatan yang tersebar di pelosok negeri.

Apa Saja Produk dan Jasa Bank Muamalat

Bank Muamalat juga memiliki pembiayaan murabahah dengan jenis produk-produk seperti:

Mengutip dari BankMuamalat, ternyata memiliki berbagai jenis produk perbankan untuk masyarakat atau nasabah. Berbagai produk tersebut antara lain:

1. Murabahah
2. Wakalah
3. Salam
4. Istishna’
5. Ijarah
6. Ijarah Muntahiyya Bit Tamlik (IMBT)
7. Musyarakah
8. Musyarakah Mutanaqisah
9. Mudharabah Muqayyadah

Baca Juga: Erick Thohir Matangkan Penggabungan BTN Syariah dan Bank Muamalat

Selain itu Muamalat juga memiliki produk penghimpunan dana Syariah, antara lain sebagai berikut:

1. Wadiah Yad Dhamanah
2. Mudharabah Mutlaqah

Kemudian memiliki Jasa Syariah, seperti Rahn, hawalah, lanjut ada kafalah. Jasa syariah lainnya seperti qardh dan sharf. [*]

Sumber Artikel : Kontan

Baca Juga

Investor sedang memata-matai pergerakan The Fed, bertindak awal memangkas suku buga sebelum Bank Sentra Eropa
Investor Mata-Matai Pergerakan The Fed Sebelum Bank Sentral Eropa Bertindak
LiniEkonomi.com - OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jangkau lebih dari tiga juta orang, saat kampanye Keuangan Syariah, dua hari lalu.
OJK Kampanye Keuangan Syariah, Disambut Pantun Netizen
Liniekonomi.com - Garuda Indonesia Group dominasi pasar arus mudik lebaran 2024. Bahkan, mencatat 31 persen pertumbuhan trafik penumpang, kata Irfan.
Keren! Garuda Indonesia Dominasi Pasar Puncak Arus Mudik Lebaran 2024
Panduan Lengkap Digital Marketing untuk Pemula dan Pengusaha
Panduan Lengkap Digital Marketing untuk Pemula dan Pengusaha
LiniEkonomi.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) targetkan laba operasional tahun 2024 ini. Meski rugi Rp90,5 triliun.
GOTO Targetkan Laba 2024 Meski Rugi Rp 90,5 Triliun
Peluang karir di Bengkulu dengan berbagai lowongan kerja yang dibuka oleh berbagai perusahaan.
Peluang Karir Menggiurkan di Bengkulu: Lowongan Terbuka Lebar