Ngeri! Pertumbuhan PDB China di 2024 Jadi Sorotan Asia-Pasifik

Bank sentral China memangkas suku bunga pinjaman lima tahun sebagai upaya menghidupkan kembali sektor properti

Bank sentral China memangkas suku bunga pinjaman lima tahun sebagai upaya menghidupkan kembali sektor properti. [Canva]

LiniEkonomicom - Pertumbuhan PDB China di 2024 jadi sorotan, termasuk Bursa Asia-Pasifik. Meskipun pada Selasa (5/3/2024) lalu, pergerakan bursa saham Asia-Pasifik cenderung beragam naiknya.

Pemicunya usai sesi pertemuan tahunan negara, yakni Kongres Rakyat Nasional China dan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, badan legislatif dan penasihat politik utama negara.

Mengawali sesi, indeks Nikkei 225 Jepang tergelincir 0,42 persen, sementara ASX 200 Australia melemah tipis 0,02 persen.

Pelaku pasar menanti pengumuman target pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) China tahun 2024 sekitar 5 persen yang proyeksinya dalam laporan kerja pemerintah.

Perdana Menteri China, Li Qiang, memperkirakan rincian tujuan ekonomi dan kebijakan untuk perekonomian terbesar kedua dunia itu.

Selain target PDB sekitar 5 persen, inflasi China 2024 bakal mencapai 3 persen. Investor juga akan mengantisipasi data Purchasing Manager's Index (PMI) jasa Caixin periode Februari 2024.

Adapun pembacaan revisi data PDB Korea Selatan kuartal IV-2023 turut menjadi perhatian pelaku pasar regional. Kondisi ini berlangsung di tengah pelemahan bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street pada penutupan perdagangan sebelumnya.

Indeks Dow Jones terkoreksi 0,25 persen, sementara S&P 500 turun 0,28 persen. Adapun Nasdaq Composite kini sedang dalam penguasaan saham teknologi cuma tutup melemah 0,49 persen. Setelah mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada Jumat lalu. Investor mulai merealisasikan keuntungan dari lonjakan saham seputar kecerdasan buatan (AI) beberapa waktu terakhir.

Pekan ini, pelaku pasar akan mencermati petunjuk arah suku bunga ke depan dari Ketua Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed), Jerome Powell.

Baca Juga: Sederet Negara 'Terjerat' Utang China, Indonesia Belum?

Kemungkinan akan mengumumkan pembaruan kebijakan moneter di Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu (8/3) dan Senat pada Kamis (9/3/2024) besok.

Survei ketenagakerjaan ADP dan data lowongan pekerjaan Januari juga akan dirilis Rabu, diikuti data manufaktur dan nonfarm payrolls (NFP) Februari pada Jumat mendatang. [*]

Baca Juga

Fotografer AFP Adem Altan memenangkan penghargaan Eropa pada ajang World Press Photo 2024
World Press Photo 2024: Fotografer AFP Adem Altan Memenangkan Penghargaan Eropa
El Savador memakai mata uang kripto (Bitcoin) sebagai alat pembayaran. Rupanya Bali, Indonesia juga memakai mata uang kripto untuk transaksi setiap pembelian barang jasa
Indonesia vs El Salvador: Kripto di Bali Gagal, Bitcoin di El Savador Bertahan?
Liniekonomi.com - Berikut 25 cahaya maaf di hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, atau Lebaran 2024.
25 Cahaya Maaf di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah
LiniEkonomi.com - Berikut adalah 25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024 yang dapat digunakan untuk status media sosial, pesan, atau kado tulisan. Quotes ucapan selamat Idul Fitri 2024 bisa juga kamu pakai untuk pamflet untuk menghias depan toko kamu, atau lingkungan tempat tinggal sobat Liniekonomicom.
25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024, Cocok Buat WA, FB dan Keluarga
Kabar gembira datang dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), ujung barat Pulau Jawa. Anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) terekam
Ada Kejutan di Taman Nasional Ujung Kulon, Apa Itu?
Garuda Indonesia Group, terdiri anak usahanya Citilink, menunjukkan kesiapan layanan optimal menghadapi puncak arus mudik Lebaran.
Garuda Indonesia Group Berikan Layanan Istimewa di Puncak Arus Mudik Lebaran 2024