Sederet Negara 'Terjerat' Utang China, Indonesia Belum?

Daftar negara yang terjerat utang China

Daftar negara yang terjerat utang China [Ilustrasi/Canva/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Indonesia belum masuk dalam daftar negara-negara yang terjerat utang China secara signifikan?. Namun, beberapa negara lain telah mengalami kesulitan akibat utang besar mereka kepada Beijing dalam proyek-proyek infrastruktur di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI).

Laporan terbaru menunjukkan negara-negara berikut telah terjerat utang China yang mengancam kedaulatan dan aset berharga mereka:

Sri Lanka telah menyerahkan Pelabuhan Hambantota kepada China setelah gagal membayar utang senilai $361 juta pada 2016. Kini, krisis ekonomi yang parah menghantam negara tersebut.

Uganda kesulitan bernegosiasi dengan China terkait pinjaman untuk membangun Bandara Internasional Entebbe, berisiko kehilangan aset strategis tersebut.

Kenya dapat kehilangan Pelabuhan Mombasa jika gagal membayar utang $3,6 miliar untuk proyek kereta api dari Bank EXIM China.

Maladewa terjerat utang hingga $1,4 miliar, terutama dari proyek Jembatan Persahabatan China-Maladewa, sementara pariwisata terdampak pandemi.

Pakistan menjadi negara terbaru yang bakal "terjerat utang" China dengan suku bunga tinggi dan minimnya transparansi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Karot.

Baca Juga: BUMI Masuk MSCI Small Cap, CUAN Terdepak dari Indeks

Kekhawatiran atas "jebakan utang" China meningkat, di mana Beijing berpotensi menyita aset berharga jika negara-negara tersebut gagal membayar utang. Transparansi dan evaluasi yang ketat atas pinjaman BRI menjadi penting untuk menghindari risiko serupa. [*]

Sumber Artikel : CNBC INDONESIA RESEARCH

Baca Juga

Investor sedang memata-matai pergerakan The Fed, bertindak awal memangkas suku buga sebelum Bank Sentra Eropa
Investor Mata-Matai Pergerakan The Fed Sebelum Bank Sentral Eropa Bertindak
Kunci jawaban Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka halaman 80 asesmen soal 3
Kunci Jawaban Asesmen Soal Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Plastik biasa kabarnya mampu menyimpan data penting kamu, termasuk dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet), memakai teknologi holografik.
Plastik Biasa Mampu Menyimpan Data Rekening, Kok Bisa?
Liniekonomi.com - Terbongkar sudah alasan Turki membatasi ekspor barang ke Israel. Selain alasan genosida, ternyata sebelumnya ada beberapa yang membuat Turkiye murka.
Ini Alasan Turki Batasi Ekspor ke Israel, Dituduh 'Pemain Ganda'
Lini Ekonomi RI di Era Politik Tumbuh 5 Persen, Tantangan Depan Mata
Lini Ekonomi RI di Era Politik Tumbuh 5 Persen, Tantangan Depan Mata
LiniEkonomi.com - Ekonomi Israel alami defisit anggaran, bahkan alami kerugian lebih dari 56 miliar dolar Amerika Serikat.
Ekonomi Israel Defisit Akibat Genosida, Turki Batasi Jualan ke Tel Aviv