Apa Itu Kalender Ekonomi, Simak Ulasan Berikut

Memahami Economic Calendar (kalender ekonomi) salah satu kunci di tengah finance global terus bergerak dinamis, dan setiap aktivitas yang

Apa Itu Kalender Ekonomi, Simak Ulasan Berikut [Canva/KariadilHarefa]

Liniekonomi.com - Simak dalam artikel berikut tentang pemahamam apa itu kalender ekonomi?. Kata kalender ekonomi atau economy calendar merupakan istilah dalam dunia investasi maupun perdagangan.

Informasi ekonomi yang akurat dan tepat waktu menjadi kunci utama dalam pengambilan keputusan yang bijak, salah satu bagian dari tentang istilah tersebut.

Di sinilah peran penting dari kalender ekonomi (economic calendar) hadir sebagai alat bantu yang tak tergantikan.

Menurut Para Ahli Tentang Kalender Ekonomi

Menurut Adi Prasetyo, seorang analis ekonomi ternama di Indonesia, "Kalender ekonomi adalah alat yang menyediakan informasi tentang berbagai acara ekonomi dan rilis data ekonomi penting yang akan terjadi di masa mendatang. Ini membantu investor dan trader untuk mempersiapkan diri dan mengantisipasi potensi pergerakan pasar."[2023]

Hal senada dari Michael Chen, seorang trader senior di perusahaan sekuritas ternama. "Kalender ekonomi menyediakan informasi tentang indikator ekonomi utama, seperti laporan pekerjaan, data inflasi, dan keputusan suku bunga. Informasi ini sangat berharga bagi kami untuk menganalisis tren pasar dan membuat keputusan investasi yang tepat." [2022]

Selain itu, Dr. Sarah Lim, seorang profesor ekonomi di Universitas Terkemuka, menekankan, "Kalender ekonomi memungkinkan investor dan trader untuk mengidentifikasi peluang dan risiko potensial di pasar. Dengan memahami kapan rilis data ekonomi penting akan terjadi, mereka dapat menyiapkan strategi yang lebih efektif." [2021]

Baca Juga: Memahami Economic Calendar, Lengkap Panduan Pandangan Ahli

Manfaat Kalender Ekonomi bagi Investor dan Trader:

1. Perencanaan Strategis: Kalender ekonomi membantu investor dan trader untuk mengantisipasi dan merencanakan strategi mereka sesuai dengan acara ekonomi yang akan datang.

2. Analisis Tren Pasar: Informasi yang disediakan dalam kalender ekonomi memungkinkan mereka untuk menganalisis tren pasar dan membuat keputusan investasi yang lebih informasi.

3. Manajemen Risiko: Dengan memahami kapan rilis data ekonomi penting akan terjadi, investor dan trader dapat mengelola risiko dengan lebih baik dan menghindari potensi kerugian.

Selanjutnya: Emas Tembus Rekor Baru! 3 Jurus Jitu Investor Terbukti Cuan

4. Pengambilan Keputusan yang Tepat: Kalender ekonomi membantu investor dan trader untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan selaras dengan kondisi ekonomi yang sedang berlangsung.

Dengan demikian, kalender ekonomi menjadi alat vital bagi investor dan trader untuk menavigasi pasar dengan lebih efektif, mengantisipasi pergerakan pasar.

Serta dudukan untuk mengambil keputusan investasi yang lebih informed. Memahami dan memanfaatkan economy calendar secara optimal dapat menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan di dunia investasi dan perdagangan.

Itulah tadi tentang informasi tentang pemahaman dan pengertian dari apa itu kalender ekonomi, semogoa bermanfaat. [*]

Baca Juga

LiniEkonomi.com - Berikut panduan lengkap bagaimana cara menghitung harga emas pegadaian, rahasia investasi emas.
Harga Emas Siang Ini, Kamis 20 Juni 2024
LiniEkonomi.com - Telkomsel 'Sambungkan Senyuman': 43.000 penerima manfaat untuk 600 lokasi se-indonesia, dalam momen Iduladha 1445 H.
Idul Adha: Telkomsel Sambungkan Senyuman 43.000 Penerima Manfaat di 600 Lokasi Se-Indonesia
LiniEkonomi.com - Berikut 10 saham bikin tajir melintir, bahkan akhir pekan ini harganya pun mantul sampai 18 persen.
10 Saham Bikin Tajir Mantul Benar, BBRI Top Gainers
LiniEkonomi.com - Indeks-indeks utama Wall Street melonjak pada perdagangan Jumat (26/4/2024) kemarin. Pemangkasan Suku Bunga
Indeks Wall Street Merangkak Naik, Ekonom: Pemangkasan Suku Bunga The Fed Masih Jauh
Ekonomi Indonesia Bisa Disrupsi Akibat Timur Tengah: Minyak dan LPG Bakal Langka?
Gawat! Ekonomi Indonesia Bisa Disrupsi Akibat Timur Tengah: Minyak dan LPG Bakal Langka?
LiniEkonomi.com - Harga emas spot dunia mencatatkan kenaikan signifikan pada perdagangan Jumat sore, 26 April 2024 pukul 16:54 WIB.
Harga Emas Dunia Melesat Tinggi, Jumat Sore 26 April 2024