Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melambat, Tantangan 2024

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2023 melambat jadi 5,04%, tapi kumulatif 2023 capai 5,05%. Prospek cerah hadapi tantangan global & inflasi 2024 lewat stimuli konsumsi & belanja negara.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2023 melambat jadi 5,04%, tapi kumulatif 2023 capai 5,05%. [Canva/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat 5,04 persen (yoy), dari 5,31 persen, di 2022. Meskipun demikian, kinerja ekonomi secara kumulatif sepanjang 2023 masih mencapai 5,05 persen.

Prospek ekonomi pada 2024 diperkirakan berada di kisaran 5,0 persen, didukung oleh konsumsi domestik dan belanja pemerintah.

Adapun pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV 2023, mendapat dukungan sebesar 7,7 persen dari bidang konstruksi. Lalu menyusul sektor pertambangan dengan pertumbuhan 7,5 persen.

Baca Juga: Pendapatan WOM Finance Melonjak, Tembus Rp236,40 Miliar

Sementara itu, tantangan global seperti Perang Rusia-Ukraina dan inflasi masih menjadi perhatian pada tahun 2024.

Sisi domestik, tantangan datang dari agenda politik Pemilu 2024 sangat besar. Adapun suku bunga acuan yang perlu di pertahankan pada level akomodatif, sambil terus mendorong reformasi struktural guna meningkatkan daya saing.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Pimpin: Bahaya Ngak Nasib Ekonomi Indonesia

Dengan langkah-langkah yang tepat, perekonomian nasional diyakini mampu melaju kencang mengarungi dinamika global 2024. [*]

Sumber Artikel : Pegawai pada Kedeputian Bidang Perekonomian, Sekretariat Kabinet

Baca Juga

Momen memperingati hari lahirnya Pancasila, Komunitas Senyum Anak Nusantara mengadakan kegiatan spesial bertajuk "Seribu Senyum Nusantara" di SDN 057 Air Dingin, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
Mengenal Pancasila Bersama Seribu Senyum Nusantara di SDN 057 Air Dingin
Pentingnya Memverifikasi Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden, Ini Pedomannya
Pentingnya Verifikasi Foto Resmi Presiden dan Wakil Presiden, Ini Pedomannya
Ekonomi Indonesia Bisa Disrupsi Akibat Timur Tengah: Minyak dan LPG Bakal Langka?
Gawat! Ekonomi Indonesia Bisa Disrupsi Akibat Timur Tengah: Minyak dan LPG Bakal Langka?
LiniEkonomi.com - Capital A Berhad (Capital A) dan AirAsia Group Sdn Bhd (AirAsia Group), jadi entitas baru perusahaan induk AirAsia X Berhad (AirAsia X).
Langkah Penting Capital A dan AirAsia: Buka Awal Era Baru, Peluang Investasi
LiniEkonomi.com - Telkomsel berkomitmen jaga bumi, salah satunya dengan mengajak pelanggan untuk mewujudkan jejak kebaikan untuk bumi.
Telkomsel Jaga Bumi: Ajak Pelanggan Wujudkan Jejak Kebaikan untuk Bumi!
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (8/3/2024) dengan peluang menguji level resistance di 7.403, setelah menguat 0,6% pada Kamis kemarin.
IHSG Terpuruk di Zona Merah, Pelaku Pasar Lakukan Aksi Ambil Untung