Kota Padang Jalin Potensi Kerjasama Tenaga Kerja dan Pengendalian Banjir dengan Jepang

Kota Padang menjalin peluang kerjasama dengan Jepang di bidang tenaga kerja dan pengendalian banjir.

Kota Padang menjalin peluang kerjasama dengan Jepang di bidang tenaga kerja dan pengendalian banjir. [Humas]

LiniEkonomi.com, Padang - Pemerintah Kota Padang menjalin komunikasi dengan Pemerintah Jepang untuk menjajaki peluang kerjasama di berbagai bidang, terutama dalam hal pertukaran tenaga kerja dan pengembangan master plan pengendalian banjir.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang, Yosefriawan, saat menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal Jepang, Takonai Susumu, di Rumah Dinas Wali Kota Padang pada hari Selasa, 9 Juli 2024.

"Kerjasama ini membuka peluang bagi tenaga kerja lokal untuk mendapatkan kesempatan bekerja di Jepang," ujar Yosefriawan, Selasa (9/7/2024).

Yosefriawan menjelaskan bahwa Kota Padang memiliki potensi besar dalam penyediaan tenaga kerja di bidang kesehatan, namun masih minim dalam hal penempatan kerja. Ia berharap kerjasama ini dapat membantu mengatasi pengangguran di Kota Padang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Persiapan matang perlu dilakukan, seperti pelatihan dan kursus Bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja," tambahnya.

Selain pertukaran tenaga kerja, pertemuan tersebut juga membahas kemungkinan kerjasama lainnya, seperti perencanaan infrastruktur yang matang atau master plan dalam pengendalian banjir, persiapan kebencanaan, perubahan iklim, pengelolaan sampah, dan upaya menekan emisi karbon.

Konsulat Jenderal Jepang, Takonai Susumu, menyambut baik potensi yang dimiliki Kota Padang dan menyatakan kesiapannya untuk membahas kerjasama ini lebih lanjut.

"Kerjasama ini diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, khususnya dengan Kota Padang," ujar Takonai Susumu.

Baca Juga: Berikut Alamat Mint Beauty Shop Lengkap Produk Skincare dan Fasilitas

Bac Juga: Juli-Agustus: Hotel Santika Premiere Padang Hadirkan Promo Kuliner Spesial

Kunjungan kerja Konsulat Jenderal Jepang kali ini merupakan langkah awal untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Padang dan Jepang. [*]

LiniEkonomi.com adalah situs berita ekonomi terdepan yang menghadirkan informasi terkini dan analisis mendalam tentang berbagai isu ekonomi di Indonesia dan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga

Indeks Nikkei 225 kembali mencetak rekor di tengah lesunya perekonomian Jepang. Reformasi tata kelola dan ekspektasi kenaikan upah mendorong reli pasar saham.
Nikkei Cetak Rekor Tengah Lesunya Ekonomi Jepang
Regulator Tiongkok memperketat short-selling dan perdagangan algoritmik dalam upaya menyelamatkan pasar saham yang lesu
Selamatkan Pasar Saham: Tiongkok Perketat Short-Selling dan Algoritma
PUBG Mobile kembali menduduki puncak game mobile terpopuler dengan update "Ocean Odyssey" yang menghadirkan pengalaman bertempur di bawah laut. Update ini merupakan bukti komitmen PUBG Mobile
Update Ocean Odyssey Bawa PUBG Mobile Kembali Rajai Puncak Game Mobile Terpopuler
Hidrogen biru dan hijau menawarkan solusi untuk energi bersih di masa depan
Hidrogen Biru dan Hijau: Solusi Masa Depan untuk Energi Bersih?
LiniEkonomi.com, Batam - Telkom Group dan DEKOPIN resmi menjalin kerjasama strategis untuk memperkuat komitmen dalam mendorong pertumbuhan ekosistem digital di sektor koperasi di Indonesia.
Telkom Group dan DEKOPIN Teken Kolaborasi Digital, Dorong Modernisasi Koperasi di Indonesia
Mint Beauty Shop Buka Lowongan Kerja: Posisi Staf Administrasi
Mint Beauty Shop Buka Lowongan Kerja: Posisi Staf Administrasi