Kaesang Bawa Sial? Saham Perusahaan Udang Anjlok Parah

Data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat saham PMMP merosot 5,20 persen (%) ke level Rp328 per saham

Data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat saham PMMP merosot 5,20 persen (%) ke level Rp328 per saham. [Ilustrasi/Kariadil Harefa/LiniEkonomi]

Liniekonomi.com - Saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), perusahaan pengolahan udang terafiliasi dengan Kaesang Pangarep, mengalami penurunan tajam hingga penutupan sesi I perdagangan hari ini.

Data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat saham PMMP merosot 5,20% ke level Rp328 per saham setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan awal sesi pagi ke Rp364 per saham.

Transaksi mencapai Rp25,87 miliar dengan volume perdagangan sebanyak 76,76 juta saham.

Meskipun mengalami penurunan dalam dua hari terakhir, saham PMMP berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 6,49% dalam satu minggu.

Secara teknikal, dalam chart harian, saham PMMP mengalami hambatan di bawah area resistance 362 dan garis Moving Average (MA) 50 di level 340.

Saham PMMP bagaikan seorang pendaki gunung yang sedang menuruni lereng curam. Level 326 dan garis MA 20 ibarat dua batu besar yang siap menampungnya, jika ia tergelincir dan jatuh.

Investasi Sejak November 2021

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, tercatat memiliki 7,27 persen (%) saham PT Media Nusantara Citra Tbk (PMMP) melalui PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat per 29 Februari 2024.

Kepemilikan saham ini menunjukkan optimisme Kaesang terhadap prospek bisnis PMMP di masa depan. Kemenangan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 bersama Prabowo Subianto.

Mengundang perhatian terhadap saham PMMP. Namun, belum ada kejelasan mengenai hubungan antara Gibran dan kinerja PMMP selain spekulasi jangka pendek.

PMMP berencana melakukan private placement sebanyak 258,8 juta saham, setara dengan 10 persen dari total saham yang beredar. Langkah ini diambil untuk menarik investor strategis guna mendukung permodalan perusahaan.

Rencana ini akan masuk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 5 April 2024. Manajemen menyatakan bahwa perseroan akan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal, namun belum ada kepastian terkait penerbitan saham.

Melalui skema ini, PMMP berencana menggunakan dana untuk pembelian bahan baku udang serta keperluan produksi.

Baca Juga: GOTO Diincar Investor Kakap? Mantan Bos Bursa Ikut Melirik!

Saham baru akan dikeluarkan dengan nilai nominal Rp100 per saham, dengan estimasi terdilusi maksimal sebesar 9,09 persen (%). [*]

Baca Juga

Sekuritas Filipina Kirim Surat ke Google dan Kanada Gugat Kripto Binance
Sekuritas Filipina Kirim Surat ke Google dan Kanada Gugat Kripto Binance
Sebanyak 500 ribu warga gabung Bank Saqu, aplikasi buatan Bank Jasa Jakarta Grup Astra gaet freelancer, pengusaha muda dan generasi milenial.
WOW! 500 Ribu Warga Gabung via Bank Saqu Grup Astra, Apa Untungnya?
Harga Emas Terus Melesat! Saatnya Panen Cuan dengan 3 Strategi Jitu IniInvestasi Emas Menggiurkan di 2024: 3 Tips Jitu Raih Keuntungan
Turun Lagi! Harga Emas Hari Ini (24 April 2024), Cek Biar Ngak Apa Kali
LiniEkonomi.com - Optimalisasi pendapatan negara, dengan menaikan tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) menurut sebagian belum tentu dapat menekan rokol murah.
Cukai Naik Bikin Rokok Murah Berjamuran di Kedai Nias
Harga emas Senin (22/04/2024) turun. Harganya pun ambrol sebesar Rp 4.000.- per gram, lantaran konflik Iran-Israel meredup.
Harga Emas Senin (22 April 2024) Turun Segini, Efek Perang Iran-Israel Meredup
LiniEkonomi.com - Berikut ini 7 tips ampuh mengatur keuangan pasca lebaran 2024. Jangan cemas, pada artikel ini berisi tips atur keuangan pasca lebaran.
Ini Dia 7 Tips Ampuh Atur Keuangan Pasca Lebaran 2024