Ikuti Tren Global: Emas Pegadaian Naik dan Antam Pecah Telur

Harga emas batangan di Pegadaian stabil pada Rp1,16 juta per gram pada Selasa (27/2), walau emas dunia terus melemah akibat ekspektasi kenaikan suku bunga AS.

Emas Pegadaian Naik dan Antam Pecah Telur [Canva]

LiniEkonomi.com - Harga emas batangan PT Pegadaian (Persero) alami kenaikan signifikan pada hari ini, Jumat (8/3/2024).

Lonjakan harga emas ini terjadi setelah adanya sinyal pelonggaran kebijakan moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (Fed).

Berdasarkan data harga emas Pegadaian, emas Antam dengan berat 1 gram di jual pada harga Rp1.229.000 per gram, naik Rp13.000 dari hari sebelumnya.

Rata-rata harga emas jenis Antam di berbagai ukuran melonjak 1,15 persen bila membandingkan perdagangan kemarin. Emas Antam tersedia dalam ukuran mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Sementara itu, emas UBS (PT Untung Bersama Sejahtera) harganya cuma Rp1.203.000 per gram, meningkat Rp16.000.

Rata-rata harga emas UBS di beragam satuan terungkit 1,33 persen, mulai ukuran 0,5 gram hingga 500 gram.

Mengikuti trend global, justru membuat harga emas pegadaian naik dan antam pencah telur, efek krisis moneter yang terjadi di Amerika Serikat yang semakin menggila.

Emas mencapai level tertinggi baru pada perdagangan Rabu lalu, membangun momentum luar biasa. Momentum ini sebagian besar lantaran spekulasi pelonggaran moneter AS yang semakin menguat.

Ketua Fed, Jerome Powell, mengindikasikan kemungkinan suku bunga turun pada akhir tahun ini. Menurut alat FedWatch, para pelaku pasar kini melihat peluang 70 persen untuk suku bunga Fed yang turun pada Juni mendatang.

Harga Emas Antam Jumat (8 Maret 2024)

Lampiran Gambar
Harga Emas Pegadaian Har Ini. [Sumber: Pegadaian]

Harga emas London tertinggi cuma berada di level 33.510.638,30 rupiah per troy ons, berdasarkan data London Bullion Market Association.

Kenaikan suku bunga AS akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury menguat, sehingga membuat emas sulit terbeli dan membuat permintaan turun.

Baca Juga: Gadai Emas Pegadaian Bisa Pinjam Rp500 Juta, Tenor 3 Tahun

Namun, suku bunga yang lebih rendah akan membuat dolar AS dan imbal hasil US Treasury melemah, sehingga menurunkan opportunity cost memegang emas.

Kondisi ini membuat emas menjadi lebih menarik untuk di koleksi. [*]

Baca Juga

Liniekonomi.com - Berikut 25 cahaya maaf di hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, atau Lebaran 2024.
25 Cahaya Maaf di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah
LiniEkonomi.com - Berikut adalah 25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024 yang dapat digunakan untuk status media sosial, pesan, atau kado tulisan. Quotes ucapan selamat Idul Fitri 2024 bisa juga kamu pakai untuk pamflet untuk menghias depan toko kamu, atau lingkungan tempat tinggal sobat Liniekonomicom.
25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024, Cocok Buat WA, FB dan Keluarga
Garuda Indonesia Group, terdiri anak usahanya Citilink, menunjukkan kesiapan layanan optimal menghadapi puncak arus mudik Lebaran.
Garuda Indonesia Group Berikan Layanan Istimewa di Puncak Arus Mudik Lebaran 2024
BCA Finance membuka lowongan Customer Care Staff untuk lulusan S1 semua jurusan. Bergabunglah dengan perusahaan pembiayaan konsumen terkemuka dan raih kesempatan mengembangkan karir Anda.
Batas Akhir 1 April! Karir Menarik di Pegadaian: Buruan Daftar Staf Humas
Telkomsel Tebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan, Berbagi Harapan Semangat Kebersamaan
Telkomsel Tebar Kebahagiaan Bulan Ramadan, Berbagi Harapan
Harga Emas Terus Melesat! Saatnya Panen Cuan dengan 3 Strategi Jitu IniInvestasi Emas Menggiurkan di 2024: 3 Tips Jitu Raih Keuntungan
Emas Kuat! Simak Daftar Harga Emas Logam Mulia Antam Terbaru