Soelaeman Bongkar Rahasia Menuju Indonesia Maju 2045

Menatap target Indonesia maju pada 2045, pakar properti dan perkotaan Soelaeman Soemawinata menyoroti pentingnya mengoptimalkan "economic engine" atau mesin pertumbuhan ekonomi.

Aktivitas masyarakat Indonesia saat ekonomi maju di tahun 2045. [AI/Kariadil Harefa]

LiniEkonomi.com - Menatap target Indonesia maju pada 2045, pakar properti dan perkotaan Soelaeman Soemawinata menyoroti pentingnya mengoptimalkan "economic engine" atau mesin pertumbuhan ekonomi.

Hal ini terungkap saat bincang-bincang di Jakarta, Kamis (21/3/2024), ia memaparkan tiga pilar kunci yang harus digenjot habis-habisan.

"Jadi, apa yang digenjot adalah economic engine? Ya. mesin ekonominya harus atau perlu maksimal memacunya," tegas Soemawinata dalam penuturan yang LiniEkonomi.com lansir.

Tiga Pilar Economic Engine

Soemawinata menyebut tiga kategori pilar economic engine, yakni prime mover (penggerak utama), accelerator (akselerator), dan snowball economy (ekonomi penggerak masa kini).

Prime mover adalah aktivitas berbasis ekonomi yang menjadi penggerak awal guna menumbuhkan lapangan kerja.

Ia menyontohkan sektor industri manufaktur sebagai prime mover melalui proses hilirisasi produk.

"Misalnya kita punya sekian juta CPO (Crude Palm Oil). Jadikan sagu, minyak, dan sebagainya," paparnya.

Sementara itu, accelerator atau akselerator berperan sebagai penggenjot laju pertumbuhan ekonomi yang motornya itu sektor properti, infrastruktur, dan lainnya.

Adapun snowball economy mencakup berbagai aktivitas ekonomi terkini seperti perdagangan, jasa, ekonomi digital, dan sejenisnya.

Pemetaan Tahapan Ekonomi

Soemawinata menggarisbawahi bahwa tidak semua daerah di Indonesia berada pada tahapan ekonomi yang sama.

Sebagian mungkin masih dalam tahap awal dengan prime mover, sementara yang lain sudah berada di tahap snowball economy.

Baca Juga: Pasar Kripto: ETF Bitcoin Pecahkan Rekor Baru

"Jakarta mungkin sudah berada di tahap snowball economy yang tak membutuhkan kontrol lagi. Tapi bila masih di tahap awal, treatment (penanganan) masih memerlukan," imbuhnya.

Dengan memahami tahapan ekonomi setiap daerah, strategi yang tepat perlu rumusan guna mendorong pertumbuhan menuju visi Indonesia maju di 2045. [*]

Baca Juga

Pertamina menargetkan Kilang Balikpapan beroperasi 2025 dan hasilkan 360 ribu barel minyak per hari. [Canva/LiniEkonomi]
Harga Minyak Dunia Tertekan Efek Ekonomi Tiongkok
LiniEkonomi.com - Pada peringatan ulang tahun ke-46 Pasar Modal Indonesia, Pasar obligasi Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan
Pasar Saham AS Menghijau, Saham Lexeo Therapeutics Anjlok 24 Persen
LiniEkonomi.com, Pakistan - Kekayaan intelektual (KI) menjadi sorotan utama dalam pertemuan antara Ketua IPO-Pakistan Farukh Amil dan Duta Besar (purn) Qazi M Khalilullah, Direktur Eksekutif Pusat Studi Strategis Internasional Sindh (CISSS).
Kekayaan Intelektual: Kunci Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Nasional
Hidrogen biru dan hijau menawarkan solusi untuk energi bersih di masa depan
Hidrogen Biru dan Hijau: Solusi Masa Depan untuk Energi Bersih?
Mint Beauty Shop Buka Lowongan Kerja: Posisi Staf Administrasi
Mint Beauty Shop Buka Lowongan Kerja: Posisi Staf Administrasi
LiniEkonomi.com, Jakarta - Belum lama ini muncul penelitian baru, yang mengungkapkan bahwa hidrogen biru mendorong lini ekonomi dan masa depan energi bersih.
Teknologi Hidrogen Biru Dorong Lini Ekonomi dan Masa Depan Energi Bersih