Bulog dan Pemerintah Gencar Lakukan Intervensi Pasar Pangan

Bulog dan pemerintah gencar melakukan intervensi pasar pangan melalui tiga program utama

Bulog dan pemerintah gencar melakukan intervensi pasar pangan melalui tiga program utama [Canva]

LiniEkonomi.com - Bulog dan pemerintah gencar melakukan intervensi pasar pangan melalui tiga program utama, untuk menyeimbangkan harga pangan di tengah dampak perubahan iklim El Nino.

Kepala Badan Nasional Pangan (Bulog), Arief Prasetyo Adi memaparkan, bahwa pemerintah memiliki tiga program utama sebagai upaya intervensi pasar guna menyeimbangkan harga pangan. Ketiga program tersebut dijalankan melalui Bulog.

Pertama, Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan mendatangi langsung pemukiman warga atau lokasi ramai.

Kedua, program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang penyalurannya ke ritel modern, pasar tradisional, dan pasar induk.

Ketiga, penyaluran Bantuan Pangan sebanyak 10 kg kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Bulog melaksanakan intervensi pertama melalui Gerakan Pangan Murah yang mendatangi langsung pemukiman penduduk atau tempat keramaian," ungkap Arief, Sabtu (24/02/2024).

Lanjut Arief, kemudian intervensi selanjutnya program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan. Yang penyalurannya ke retail modern, pasar tradisional dan pasar induk.

"Hari ini adalah penyaluran Bantuan Pangan sebanyak 10 kg ke masing-masing Keluarga Penerima Manfaat," tegasnya kutip LiniEkonomi.com.

Arief menegaskan bahwa membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan harga, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

Namun, hitungan hal tersebut telah matang dengan baik oleh pemerintah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan harga pangan yang belum stabil saat ini.

Intervensi Pasar Pangan

Sementara itu, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Mokhamad Suyamto menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah positif. Untuk menyikapi fluktuasi harga beras dengan bergerak cepat menjalankan semua penugasan dari pemerintah.

"Penyaluran bantuan pangan beras saat ini berjalan di seluruh Indonesia, termasuk semua outlet distribusi Program SPHP, baik pasar induk, pasar tradisional dan ritel modern. Telah kami gelontorkan beras SPHP untuk memperbanyak ketersediaan agar masyarakat tidak kesulitan mencari beras," jelasnya.

"Terbaru, kami juga terjun langsung melalui Gerakan Pangan Murah ke masyarakat dengan melaksanakan program penjualan pangan pokok murah. Yang destinasinya dekat dengan pemukiman warga," ungkap Suyamto.

Baca Juga: Double Hoki Bulan Cinta: SELMA Tawarkan 3 Furnitur Unggulan Istimewa

Pemerintah terus melakukan aksi cepat tanggap atas dampak perekonomian oleh perubahan iklim El Nino yang saat ini melanda dunia. [*]

Baca Juga

Emiten batu bara, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mencatat peningkatan jumlah pemegang saham pada akhir Maret 2024. Jumlah pemegang saham ITMG bertambah menjadi 49.094 pihak per akhir Maret 2024, naik 1.104 dari posisi akhir Februari 2024.
Saham ITMG Makin Diburu, Jumlah Pemegang Saham Terus Bertambah
Rupiah Tertekan Inflasi dan Tenaga Kerja AS, Peluang The Fed Tahan Suku Bunga
Rupiah Tertekan Inflasi dan Tenaga Kerja AS, Peluang The Fed Tahan Suku Bunga
Garuda Indonesia berikan kejutan saat momen Idul Fitri 1445 Hijriah atau lebaran 2024 kepada penumpang rute Ternate-Jakarta.
Kejutan Musim Lebaran! Garuda Indonesia Manjakan Penumpang Ternate-Jakarta, Upgrade Kelas dan Fasilitas Menarik
El Savador memakai mata uang kripto (Bitcoin) sebagai alat pembayaran. Rupanya Bali, Indonesia juga memakai mata uang kripto untuk transaksi setiap pembelian barang jasa
Indonesia vs El Salvador: Kripto di Bali Gagal, Bitcoin di El Savador Bertahan?
Investor sedang memata-matai pergerakan The Fed, bertindak awal memangkas suku buga sebelum Bank Sentra Eropa
Investor Mata-Matai Pergerakan The Fed Sebelum Bank Sentral Eropa Bertindak
Kunci jawaban Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka halaman 80 asesmen soal 3
Kunci Jawaban Asesmen Soal Ekonomi Kelas 11 Kurikulum Merdeka