BRI Perkuat Prinsip Environmental, Social, dan Governance

BRI tercatat sebagai pelopor dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan ini di industri perbankan Indonesia.

Bank pelat merah ini menargetkan emisi net zero pada 2050. [Canva]

LiniEkonomi.com - BRI tercatat sebagai pelopor dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan ini di industri perbankan Indonesia.

Komitmen BRI terwujud salah satunya lewat pembentukan Komite ESG pada 2021. Komite ini berperan sebagai forum bagi jajaran manajemen dalam memantau dan mengevaluasi penerapan ESG di BRI.

Selain itu, BRI juga memiliki divisi khusus yang menangani ESG sejak 2022, yaitu ESG Division. Divisi ini mengurusi strategi dan implementasi ESG di BRI secara menyeluruh.

Hitung Emisi Gas Rumah Kaca

Dari sisi bisnis yang terkait dengan aspek lingkungan, BRI telah melakukan perhitungan emisi gas rumah kaca (GRK) secara rutin sejak 2020. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, BRI menetapkan target penurunan emisi GRK dengan baseline tahun 2022.

BRI juga menargetkan pencapaian emisi net zero pada 2050 untuk emisi Scope 1, 2, dan financed emissions mengacu pada Science Based Target Initiative (SBTi).

Komitmen penerapan ESG BRI tercermin dari portofolio pembiayaan berkelanjutan senilai Rp777,3 triliun per Desember 2023, setara 67,1 persen (%) dari total kredit dan investasi surat berharga korporasi berbasis ESG. Sebagian besar pembiayaan berkelanjutan disalurkan ke sektor UMKM senilai Rp690,4 triliun.

Pembiayaan berkelanjutan BRI ini tercatat tumbuh 11,2 persen (%) secara tahunan. Selain kredit, BRI juga melakukan investasi surat berharga korporasi berbasis ESG hingga Rp4,54 triliun per akhir 2023.

Selain itu menerbitkan obligasi berbasis ESG senilai Rp39,6 triliun atau 57,9 persen (%) dari total obligasi BRI.

Dari sisi operasional, telah menggunakan kendaraan listrik dan pemasangan panel surya. Juga menerapkan program zero waste to landfill dan telah mendaur ulang 591,203 kg sampah yang berkontribusi menghindari emisi 441,817 kg CO2e.

Melalui program BRI Menanam, BRI telah menanam 904.196 pohon yang berpotensi menyerap 780.606 kg emisi CO2 per Desember 2023.

Demikian komitmen dan beragam inisiatif BRI dalam penerapan prinsip-prinsip ESG di Indonesia. Dengan upaya ini, BRI turut mendukung pembangunan berkelanjutan di Tanah Air. [*]

Baca Juga

Investor sedang memata-matai pergerakan The Fed, bertindak awal memangkas suku buga sebelum Bank Sentra Eropa
Investor Mata-Matai Pergerakan The Fed Sebelum Bank Sentral Eropa Bertindak
LiniEkonomi.com - Berikut adalah 25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024 yang dapat digunakan untuk status media sosial, pesan, atau kado tulisan. Quotes ucapan selamat Idul Fitri 2024 bisa juga kamu pakai untuk pamflet untuk menghias depan toko kamu, atau lingkungan tempat tinggal sobat Liniekonomicom.
25 Quotes Ucapan Idul Fitri 2024, Cocok Buat WA, FB dan Keluarga
LiniEkonomi.com - OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jangkau lebih dari tiga juta orang, saat kampanye Keuangan Syariah, dua hari lalu.
OJK Kampanye Keuangan Syariah, Disambut Pantun Netizen
Kabar gembira datang dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), ujung barat Pulau Jawa. Anak Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) terekam
Ada Kejutan di Taman Nasional Ujung Kulon, Apa Itu?
Liniekonomi.com - Garuda Indonesia Group dominasi pasar arus mudik lebaran 2024. Bahkan, mencatat 31 persen pertumbuhan trafik penumpang, kata Irfan.
Keren! Garuda Indonesia Dominasi Pasar Puncak Arus Mudik Lebaran 2024
Garuda Indonesia Group, terdiri anak usahanya Citilink, menunjukkan kesiapan layanan optimal menghadapi puncak arus mudik Lebaran.
Garuda Indonesia Group Berikan Layanan Istimewa di Puncak Arus Mudik Lebaran 2024