Punya Kekayaan Fantastis, Inilah Lima Menteri Terkaya Kabinet Prabowo-Gibran

Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto [Instagram]

Jakarta, LiniEkonomi.com - Kabinet Merah Putih, Prabowo-Gibran melantik lima menteri terkaya dengan total kekayaan fantastis. Bagaimana dampaknya terhadap kebijakan ekonomi dan harapan masyarakat? Simak ulasannya di sini.

Presiden Prabowo Subianto resmi melantik 53 menteri dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 di Istana Negara, Senin (21/10/2024).

Di antara jajaran menteri baru, beberapa wajah lama kembali menduduki posisi strategis. Menariknya, sejumlah menteri ini tercatat memiliki kekayaan yang fantastis.

Wahyu Sakti Trenggono

Kabinet Prabowo-Gibran melantik lima menteri terkaya dengan total kekayaan fantastis. Bagaimana dampaknya terhadap kebijakan ekonomi dan harapan masyarakat? Simak ulasannya di sini.
Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan [Instagram]

Sosok yang kembali dipercaya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, tercatat sebagai menteri terkaya dengan total harta mencapai Rp2,66 triliun berdasarkan laporan LHKPN KPK tahun 2023.

Trenggono dikenal sebagai pengusaha sukses di bidang menara telekomunikasi, dengan kepemilikan atas PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP) dan Tower Bersama Infrastruktur.

Erick Thohir

Kabinet Prabowo-Gibran melantik lima menteri terkaya dengan total kekayaan fantastis. Bagaimana dampaknya terhadap kebijakan ekonomi dan harapan masyarakat? Simak ulasannya di sini.
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Prabowo Subianto [Instagram]

Kembali dipercaya sebagai Menteri BUMN. Thohir memiliki total kekayaan sebesar Rp2,3 triliun.

Selain kiprahnya di dunia politik, Thohir juga dikenal sebagai pebisnis media yang memegang saham di PT Mahaka Media Tbk. (ABBA) dan PT Mahaka Radio Tbk. (MARI).

Andi Amran Sulaiman

Lampiran Gambar
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman [Instagram]

Kembali menjabat sebagai Menteri Pertanian, menempati posisi ketiga dengan total harta Rp1,1 triliun. Sulaiman merupakan pemimpin Tiran Group, konglomerat yang berbasis di Makassar.

Kekayaannya terdiri dari berbagai aset, termasuk tanah, bangunan, dan surat berharga.

Rosan Perkasa Roeslani

Rosan Perkasa Roeslani
Rosan Roeslani [Instagram]

Rosan ditunjuk sebagai Menteri Investasi dan Hilirisasi, memiliki harta senilai Rp860 miliar.

Roeslani dikenal sebagai pengusaha sukses yang pernah memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2015-2021.

Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto [Instagram]

Ia kembali menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mencatatkan total kekayaan sebesar Rp454,3 miliar per Maret 2023. Selain kiprahnya di dunia politik, Hartarto juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk.

Komposisi kabinet baru ini menunjukkan kombinasi antara pengalaman dan kekayaan. Para menteri terkaya ini diharapkan dapat menggunakan pengalaman bisnis mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di berbagai sektor.

Meski demikian, pengamat politik dan ekonomi menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Baca Juga: 5 Grand Desain Ekonomi Cemerlang ala Presiden Prabowo Subianto

Baca Juga: Ribuan Warga Gomo di Gunungsitoli Deklarasikan Dukungan untuk Sowa'a-Martinus

Mereka berharap kekayaan pribadi para menteri tidak akan mempengaruhi kebijakan yang diambil dan tetap mengutamakan kepentingan rakyat.

Presiden Prabowo Subianto dalam pidato pelantikannya menegaskan bahwa seluruh menteri harus bekerja keras dan bersinergi untuk mewujudkan 'Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045'. [*]

Baca Juga

Ia mengungkapkan 5 grand desain ekonomi cemerlang saat berpidato di Gedung DPR/MPR RI.
5 Grand Desain Ekonomi Cemerlang ala Presiden Prabowo Subianto
Tim kampanye SMART Gunungsitoli Idanoi gelar rapat pleno perdana, targetkan 12 ribu suara. Martinus Lase ajak tim solid dan kompak demi Gunungsitoli Hebat.
SMART Gunungsitoli Idanoi Rapat Pleno Perdana, Ini Kata Martinus Lase
Martinus Lase, Ketua DPD Golkar Gunungsitoli, ucapkan selamat ulang tahun dan pelantikan kepada Presiden Prabowo Subianto. Ajak masyarakat dukung pemerintahan baru.
Prabowo-Gibran Dilantik, Martinus Lase Calon Wawako Gunungsitoli Ajak Masyarakat Dukung Pemerintahan Baru
Daya beli kuliner di Blora meningkat signifikan
Daya Beli Kuliner di Blora Meningkat, Dorong Ekonomi Lokal
Martinus Lase, calon Wakil Wali Kota Gunungsitoli, berjanji revitalisasi pasar tradisional dan tingkatkan ekonomi lokal. Simak rencana dan visinya untuk Gunungsitoli Hebat.
Jika Terpilih! Calon Wawako Gunungsitoli Martinus Lase Bakal Revitalisasi Pasar Tradisional
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat mengambil sikap tegas terkait polemik yang muncul pasca pelaksanaan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia. Melalui pernyataan resmi yang disampaikan oleh Ketua Umum Kadin Sumatera Barat,
Kadin Sumatera Barat Serukan Semua Pihak Hormati Hasil Munaslub Kadin Indonesia