Kemenkumham Jateng Gelar Exit Meeting Audit Kepatuhan PMPJ Bagi Notaris Kendal

Kemenkumham Jateng audit 11 notaris di Kendal terkait kepatuhan PMPJ. Hasil audit menunjukkan tidak ada transaksi mencurigakan. Exit meeting digelar di LP Kendal.

Kegiatan "Exit Meeting Audit Kepatuhan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) bagi Notaris" di Kabupaten Kendal, Kamis (12/9) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kendal. [Dok. Kemenkumham Jateng]

KENDAL, LINIEKONOMI.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kanwil Kemenkumham Jateng) menggelar Exit Meeting Audit Kepatuhan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) bagi notaris di Kabupaten Kendal, Kamis (12/9/2024). Acara yang berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendal ini menjadi penutup dari rangkaian audit yang telah dilakukan selama dua hari sebelumnya.

Sehari sebelum exit meeting, Tim Kemenkumham Jateng telah melakukan audit PMPJ terhadap 11 notaris yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kendal.

Audit ini dilakukan untuk memastikan kepatuhan notaris terhadap prinsip-prinsip mengenali pengguna jasa dan pelaporan transaksi keuangan mencurigakan (TKM) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam exit meeting tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan, menyampaikan hasil audit dan memberikan arahan kepada para notaris yang hadir.

Menurut Anggiat, hasil audit menunjukkan bahwa para notaris yang diperiksa telah memenuhi ketentuan terkait PMPJ.

Mereka telah menerapkan prosedur tertulis dalam mengenali pengguna jasa, serta memiliki formulir isian yang diperlukan untuk menilai tingkat risiko pengguna jasa. Selain itu, notaris juga telah mematuhi aturan pelaporan TKM dengan menyiapkan seluruh dokumen dan mekanisme yang dibutuhkan.

"Para notaris yang diaudit telah memiliki formulir isian pengguna jasa dan formulir penilaian risiko, serta telah menetapkan prosedur pelaporan transaksi keuangan mencurigakan," kata Anggiat Ferdinan dalam penyampaiannya.

Ia juga menambahkan bahwa notaris di Kabupaten Kendal sudah memiliki daftar negara berisiko tinggi, daftar terduga teroris, dan organisasi teroris yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun organisasi internasional. Hal ini penting untuk mencegah notaris memberikan jasa kepada pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas ilegal.

Menarik Dibaca: Partai Demokrat Gunungsitoli Rayakan HUT ke-23: Solidkan Dukungan Menangkan Sowa’a-Martinus Pilkada 2024

Kepatuhan Notaris dalam Pencegahan Pencucian Uang

Anggiat menjelaskan, audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa notaris menjalankan peran sebagai pihak pelapor dalam rangka mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang.

Berdasarkan audit, tidak ditemukan adanya transaksi dari pengguna jasa yang mencurigakan atau berisiko tinggi di antara notaris yang diperiksa.

Ia juga mengingatkan pentingnya kehati-hatian dalam memberikan layanan kepada klien. “Notaris harus lebih cermat sebelum memberikan jasa hukum kepada calon pengguna jasa dan wajib mengambil langkah tegas jika klien tidak mematuhi Prinsip Mengenali Pengguna Jasa,” ujar Anggiat.

Ia menekankan bahwa notaris harus berani memutus hubungan usaha jika mendapati klien yang tidak kooperatif dalam memenuhi persyaratan kepatuhan PMPJ.

Pelaporan TKM Melalui Aplikasi goAML

Selain itu, Anggiat juga mengingatkan para notaris untuk segera melaporkan transaksi keuangan mencurigakan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pelaporan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi goAML, yang memudahkan notaris dalam melaporkan temuan mereka kepada otoritas yang berwenang.

"Jika notaris menemukan adanya transaksi keuangan yang mencurigakan, segera laporkan ke PPATK melalui aplikasi goAML," lanjutnya.

Baca Juga: Oknum Komisioner KPU Gunungsitoli Dilaporkan ke Polres, Ini Kasusnya

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp2.000, Berikut Daftar Harga Terbaru

Acara exit meeting ini dihadiri oleh beberapa pejabat Kemenkumham Jateng, termasuk Analis Hukum Pertama, Analis Pertimbangan Bantuan Hukum, serta Pengolah Bahan Evaluasi dan Pelaporan. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendal juga turut hadir dalam acara ini.

Audit kepatuhan terhadap notaris di Kabupaten Kendal diharapkan dapat menjadi contoh yang baik dalam memastikan bahwa setiap notaris di wilayah tersebut mematuhi prinsip-prinsip PMPJ dan berperan aktif dalam mendukung pencegahan tindak pidana pencucian uang. [*]

Baca Juga

Logam Mulia Aneka Tambang (ANTM) menawarkan beragam produk emas dan perak untuk memenuhi kebutuhan investasi maupun kado istimewa.
Harga Emas Mendekati Rekor, Ini Pemicunya
LiniEkonomi.com - Berikut panduan lengkap bagaimana cara menghitung harga emas pegadaian, rahasia investasi emas.
Harga Emas Antam 12 Agustus 2024, Berikut Rincian Lengkap
OJK resmi membuka rekrutmen Program Pendidikan Calon Staf (PCS) periode 2024. Berikut disampaikan jadwal dan tahapan seleksi PCS 7 yang akan berlangsung mulai Maret hingga Mei mendatang.
3 Anak Haram Digitalisasi Versi OJK, Apa Saja?
LiniEkonomi.com - Berikut ini 7 tips ampuh mengatur keuangan pasca lebaran 2024. Jangan cemas, pada artikel ini berisi tips atur keuangan pasca lebaran.
Ini Dia 7 Tips Ampuh Atur Keuangan Pasca Lebaran 2024
LiniEkonomi.com- PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia( Akseleran), salah satu perusahaan fintech peer- to- peer( P2P) lending terkemuka, berhasil membukukan laba pada kuartal pertama 2024.
Fintech P2P Akseleran Berjaya! Raih Laba 2024
LiniEkonomi.Mengambil pinjaman baru untuk melunasi utang dapat menjadi pilihan terakhir. Simak panduan bijak agar tindakan ini tidak memperburuk kondisi finansial kamu.
Rahasia Ambil Pinjaman Baru, Utang Tak Lagi Jadi Beban