5 Startup Sukses: Terus Berkembang Tanpa Founder, Ini Buktinya!

elkomsel kembali mengakselerasi startup lokal melalui TINC Batch 9 berkolaborasi dengan AppWorks untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Mia Melinda | Ceo of Telkomsel Ventures saat menyampaikan ide kepada peserta program akselerator startup Tinc Batch 9 dengan menjalin kolaborasi strategis bersama AppWorks. [Ilustrasi/Telkomsel/LiniEkonomi]

LiniEkonomi.com - Banyak yang beranggapan bahwa keberhasilan sebuah startup sangat bergantung pada keberadaan pendirinya atau founder.

Namun, anggapan tersebut terbantahkan oleh sejumlah startup ternama yang justru tetap berkembang pesat meski para pendirinya telah meninggalkan jejak digitalnya.

Beberapa contoh di bawah merupakan startup sukses yang terus berkembang, walau bergerak tanpa founder atau CEO.

Bahkan dari beberapa pendiri startup juga menempati posisi mentereng, mau tau siapa saja mereka?

Berikut Startup Sukses Tanpa Founder:

  1. Tokocrypto

Pang Xue Kai mundur dari posisi CEO Tokocrypto setelah Binance menjadi pemegang saham mayoritas. Kini, ia menjabat sebagai Komisaris Perusahaan.

  1. Tokopedia

Meskipun William Tanuwijaya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO pada 2022, Tokopedia tetap kokoh sebagai e-commerce raksasa di Indonesia. Kini, Leonitus Alpha Edison masih bertahan sebagai Direktur dan Komisaris.

  1. Bukalapak

Meski ditinggalkan oleh seluruh pendirinya, yakni Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono, Bukalapak berhasil mengembangkan sayapnya menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Baca Juga: Karir Angela Chao Sebelum jadi CEO Foremost

  1. Gojek

Nadiem Makarim dan Kevin Aluwi meninggalkan Gojek untuk fokus pada tugas dan bisnis baru. Meski demikian, Gojek terus berinovasi dan berkembang sebagai perusahaan teknologi terdepan.

Kasus-kasus ini membuktikan bahwa kesuksesan sebuah startup tidak sepenuhnya bergantung pada keberadaan founder.

Yang terpenting adalah visi dan komitmen seluruh tim untuk terus maju dan berinovasi menghadapi tantangan zaman.

Dengan fondasi yang kuat, startup mampu bertahan dan berkembang meski dihadapkan pada perputaran kepemimpinan.

Baca Juga: Telkomsel Dorong Ekonomi Digital Indonesia dengan AppWorks

  1. Tanihub

Startup pertanian Tanihub juga mengalami perputaran pendiri. Ivan Arie Sustiawan meninggalkan perusahaan, diikuti Pamitra Wineka yang mundur dari posisi Presiden dan Co-Founder pada Juni 2022. Namun, Tanihub tetap berkiprah membantu petani. [*]

Baca Juga

Telkomsel kembali mengakselerasi startup lokal melalui TINC Batch 9 berkolaborasi dengan AppWorks untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Bisnis Startup: Simak 5 Langkah Awal Membangun Peran Startup`
Berikut adalah beberapa konsep strategi digital marketing yang dapat diterapkan beserta contoh dan tips untuk membantu penjualan bisnis Anda.
Strategi Digital Marketing Efektif untuk Bisnis Kecil
LiniEkonomi.com - Simak enam strategi jitu berikut ini, memulai startup edukasi. Mitra pendukung, perencanaan materi, identifikasi target pasar, uji coba produk, digital marketing, dan kolaborasi komunitas.
Ukir Peluang Besar: 6 Strategi Jitu Memulai Startup Tahun 2024
LiniEkonomi.com - Kamu pusing, mau rintis startup tapi modal kurang cukup. Apalagi saat ini jumlah startup di Indonesia terus meningkat.
Rintis Startup Modal Pas-pasan? Coba 3 Cara Ini!
Wajib Tahu! Lima Kesalahan Konten Kreator Pemula di TikTok
Wajib Tahu! Lima Kesalahan Konten Kreator Pemula di TikTok
5 Platform Live Shopping Paling Populer 2024: Ada Snack Video
5 Platform Live Shopping Paling Populer 2024: Ada Snack Video