Batal Akuisisi: BTN Syariah Intip Peluang Merger Bank Victoria Syariah

LiniEkonomi.com - Setelah rencana akuisisi Bank Muamalat Indonesia Tbk. (BMI) batal, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) dikabarkan kembali mengincar bank syariah lain.

Potret petugas BTN Syariah, Jakarta [Republika/Wihdan Hidayat]

LiniEkonomi.com - Setelah rencana akuisisi Bank Muamalat Indonesia Tbk. (BMI) batal, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) dikabarkan kembali mengincar bank syariah lain.

Kali ini, sasarannya adalah PT Bank Victoria Syariah (BVS). Langkah ini merupakan bagian dari strategi BTN untuk memisahkan unit usaha syariah (UUS) mereka, BTN Syariah, menjadi bank umum syariah (BUS) mandiri.

Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK).

Sumber terpercaya menyebutkan bahwa proses due diligence antara BTN dan BVS tengah berlangsung. Nilai transaksi akuisisi ini dikabarkan mencapai Rp1,7 triliun.

"Sudah jalanin proses due diligence," kata sumber tersebut kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Targetnya, proses due diligence ini dapat selesai pada bulan Juni 2024, agar akuisisi dapat dirampungkan pada bulan Oktober mendatang.

Dengan begitu, BTN berambisi untuk menyampaikan proposal merger ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada bulan September.

Baca Juga: Proses Merger BTN Syariah dan Bank Muamalat April 2024

Batal Akuisisi Bank Muamalat

Sebelumnya, BTN dikabarkan batal mengakuisisi BMI. Konon, salah satu alasannya adalah karena nilai akuisisi BMI yang terlalu besar, mencapai sekitar Rp10 triliun.

Hingga saat ini, BTN belum memberikan konfirmasi resmi terkait rencana akuisisi BVS. Sementara itu, Direktur Utama BVS Dery Januar enggan memberikan tanggapan terkait hal ini.

"Mohon maaf saya belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut, sehingga belum bisa berikan tanggapan," ujarnya.

Peluang Merger BTN Syariah dan Bank Victoria Syariah

Jika akuisisi BVS terealisasi, maka BTN Syariah akan merger dengan BVS. Merger ini akan memperkuat posisi BTN Syariah di industri perbankan syariah Indonesia.

BVS sendiri memiliki keunggulan dalam hal jaringan dan produk syariahnya. Merger ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan efisiensi operasional kedua bank, sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar.

Baca Juga: Ini Alasan BTN Resmi Batal Akuisisi Bank Muamalat dan Dampaknya

Akuisisi BVS oleh BTN merupakan langkah strategis untuk memperkuat bisnis syariah BTN. Merger BTN Syariah dan BVS diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan efisiensi operasional kedua bank, sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar.

Baca Berita Googles News

Sumber Artikel : cnbc

Baca Juga

Superdrug, Inggris, Finance, Kecantikan, TikTok,
Ikut Tren TikTok: Warga Inggris Habiskan Rp 27 Triliun Demi Ini
LiniEkonomi.com, Jakarta - Berikut ini kami akan berikan tips belanja mobil lokal, agar kamu jangan sampai tertipu. Pada artikel berikut akan mengulas tentang pertimbangan, baik saat membeli kendaraan.
Tips Belanja Mobil Secara Lokal Jangan Sampai Tertipu
Pelajari 7 strategi jitu Elon Musk dalam membangun bisnis yang luar biasa, mulai dari gemar membaca hingga berani melawan arus. Temukan tips sukses dan inspirasi dari perjalanan sang maestro teknologi ini
Rahasia Sukses Elon Musk: 7 Kunci Membangun Bisnis Untuk Kamu
Proses penggabungan usaha (merger) antara BTN Syariah dan Bank Muamalat akan diputuskan pada April 2024 dan rampung dalam tahun ini, sesuai arahan BTN.
Ini Alasan BTN Resmi Batal Akuisisi Bank Muamalat dan Dampaknya
LiniEkonomi.com - Badai volatilitas membuat IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok tajam pada perdagangan, Selasa (16/4/2024).
IHSG Turun Awal Pekan, Saham Energi dan Infrastruktur Terkoreksi
LiniEkonomi.com - Di era digital ini, kemudahan akses layanan menjadi kebutuhan utama masyarakat. Memahami hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang menghadirkan Super App Tangerang LIVE.
Tiga Fitur Andalan Super App Tangerang LIVE: Memudahkan Aktivitas, Meningkatkan Ekonomi